Senin, 30 Januari 2017

Jalan Setapak Menuju Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran Yogyakarta

Jalan Setapak Menuju Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran Yogyakarta

Desember tahun lalu, kami bertiga datang ke Yogyakarta untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah Nglanggeran terkenal dengan Kawasan Gunung Api Purba-nya, sehingga kami tidak heran saat memasuki kawasan ini melihat beberapa gunung batu yang menjulang tinggi dan juga banyaknya batu-batu besar yang menghiasi sisi jalan.


Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu objek wisata yang sangat ingin kami kunjungi saat itu adalah Air Terjun Kandang. Dikarenakan info yang kami dapatkan, bahwa air terjun ini menawarkan keindahan yang menarik. Yaitu bentukan air terjun yang memiliki beberapa tingkatan, ditambah dengan pemandangan pesawahan disekitarnya. Sehingga apabila kita berwisata ke lokasi air terjun ini, akan sangat terasa suasana alam pedesaan yang sudah jarang dirasakan, terutama di perkotaan.

Tanpa berpikir panjang, usai berwisata di Embung Nglanggeran kami pun langsung tancap gas motor menuju Air Terjun Kedung Kandang. Dan untuk menuju objek wisata air terjun tersebut, kami mengikuti saja dari papan petunjuk jalan yang ada. Mungkin kurang lebih seperti yang ada di google maps berikut :

Jalan Menuju Loket Air Terjun Kedung Kandang (Google Maps)

Saat tiba di lokasi penjualan tiket yang berada dihalaman belakang rumah salah satu warga, kami langsung membeli tiket masuk air terjun yang harganya Rp.7000,-/orang dan parkir motor Rp.2000,- . Dan selesai membayar, kami pun langsung bergegas menuju air terjun dengan mengikuti jalan setapak yang masih berupa tanah dan bebatuan, serta sudah dilengkapi dengan papan petunjuk jalan.

Jalan Setapak Menuju Air Terjun
Untuk dapat mencapai air terjun ini, kami diharuskan menuruni lembah yang cukup lumayan jauh untuk mencapainya. Namun, hal tersebut tidak sebanding dengan keindahan area pesawahan disepanjang lembah yang membentuk tingkatan atau yang lebih dikenal dengan terasering. Selain itu juga, banyaknya bebatuan purba yang menambah keindahan area pesawahan. 

View Area Pesawahan Dari Atas Bukit

Selama perjalanan, kami tidak lupa untuk mengabadikan salah satu keindahan alam yang ada di Nglanggeran ini dengan berfoto-foto  sejenak.

Sisi Lain View Area Pesawahan Dari Atas Bukit
Walaupun kami harus menuruni lembah untuk menuju air terjun, ternyata jalan setapak yang disediakan oleh pengelola setempat sudah cukup bagus dan terawat. Selain itu juga, untuk papan petunjuk jalannya pun sangat informatif, sehingga tidak ada kekhawatiran dari kami apabila sewaktu-waktu salah jalan.

Usai Menuruni Lembah, Air Terjun Kedung Kandang Sudah Mulai Terlihat

Hampir setengah jam lamanya berjalan kaki menuruni lembah, kami mulai bisa melihat air terjun dari sebrang sungai yang dihiasi oleh jembatan-jembatan bambu. Keberadaan jembatan tersebut, makin menambah keindahan Air Terjun Kedung Kandang apabila dilihat dari tepi sungai.

Jembatan Bambu Sekitar Air Terjun Kedung Kandang

Untuk menuju air terjun, kami diharuskan untuk menyebrangi sungai terlebih dahulu dengan menggunakan beberapa jembatan bambu yang sudah disediakan.

Jembatan Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Setelah melewati jemabatan bambu yang sudah kami lalui, akhirnya kami pun tiba di Air Terjun Kedung Kandang yang memiliki beberapa tingkatan. Dan ternyata memang benar, air terjun bertingkat ini memiliki keindahan alam yang dihiasi oleh area pesawahan terasering. Sehingga kesan nuansa pedesaan benar-benar kami dapatkan, saat tiba persis di air terjun ini.

Di Depan Air Terjun Kedung Kandang
Sisi Lain Di Depan Air Terjun Kedung Kandang

Namun, yang sangat disayangkan saat itu adalah kondisi debit air yang sedang tidak begitu banyak dan juga warna air yang agak kecokelatan. Tapi yasudahlah, hal tersebut tidak seberapa dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Kedung Kandang. Dan kami benar-benar menikmati wisata alam ke air terjun ini.

Pemandangan Area Pesawahan Dari Atas Air Terjun Kedung Kandang

Sisi Lain Pemandangan Air Terjun Kedung Kandang

Satu hal yang sangat kami perhatikan saat berfoto-foto di air terjun ini adalah tetap waspada saat menapaki bebatuan yang licin, serta memperhatikan kondisi cuaca apabila sewaktu-waktu kondisi berubah dan tidak mendukung.

Spot Untuk Berfoto Di Salah Satu Tingkatan Air Terjun

Selesai menikmati keindahan wisata alam Air Terjun Kedung Kandang ini, selanjutnya kami menuju perjalanan pulang menuju area parkir motor. Namun kali ini perjalanan pulang kami bukanlah menuruni lembah, akan tetapi menaiki lembah. :)

Perjalanan Pulang Yang Menanjak


-Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar