Rabu, 01 Februari 2017

Brown Canyon, Sisi Lain Pemandangan Alam Di Kota Semarang


Brown Canyon, Sisi Lain Pemandangan Alam Di Kota Semarang

Brown Canyon adalah salah satu lokasi objek wisata yang ada di ujung timur Kota Semarang, yang letaknya di Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang. Lokasi ini sebenarnya hanyalah sebuah area lokasi pertambangan galian tanah. Sehingga dari bekas-bekas pertambangan galian tersebut, membentuk beberapa tebing yang menyerupai Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

Untuk mencapai lokasi ini terbilang cukup mudah, apabila kita menggunakan panduan yang ada di aplikasi seperti google maps. Hal tersebut dikarenakan kurangnya petunjuk jalan yang informatif untuk mencapai lokasi ini. 

Jalan Menuju Brown Canyon Dari Arah Simpang Lima (Google Maps)

Pengalaman tahun lalu, ane memulai keberangkatan dari arah Simpang Lima menggunakan motor si kawan. Dengan bantuan google maps, ane menuju Jalan Raya Majapahit yang ke arah Purwodadi. Sepanjang Jalan Raya Majapahit, jalan lurus terus sampai menemukan pertigaan jalan yang menuju Jalan Raya Fatmawati atau acuannya adalah jalan menuju Citra Grand. 

Tiba di pertigaan jalan, kemudian ane belok kanan jalan terus  sampai menemukan RSUD  KRMT Wongsonegoro. Setelah menemukan RSUD tersebut, kemudian ada perempatan jalan dan ambil belok kiri jalan lurus sampai menemukan Jalan Klipang Raya (Melewati Perum Perumnas). 

Setelah melewati Perum Perumnas, kemudian melewati dua kali jembatan. Dan di jembatan jalan raya kedua, kemudian mengambil belok kanan yang menuju Jalan Raya Lamongan . Sepanjang Jalan Raya Lamongan ini, ane menemui jalan masuk menuju Brown Canyon didekat pemukiman warga dan jalan tersebut hanya bisa dilewati motor secara bergantian saja.

Sebagai informasi saja, apabila ada yang membawa mobil dan kebingungan jalan masuk menuju Brown Canyon, bisa tanyakan saja dengan warga sekitar Jalan Raya Lamongan. Insyaalah akan diberitahu jalannya. hehe

Tiba Di Brown Canyon
Setibanya di Brown Canyon, ternyata tidak adanya pengelola wisata  untuk masalah tiket masuk dan jaminan di dalamnya. Sehingga menurut ane, Brown Canyon bukanlah lokasi wisata yang bener-bener seutuhnya, dikarenakan lokasi ini sebenarnya adalah sebuah lokasi pertambangan yang masih ada aktivitas dari beberapa pekerja di dalamnya. 

Namun, saat itu ane dan si kawan dimintai biaya retribusi oleh salah satu orang yang sepertinya penjaga area pertambangan. Dan harga retribusi untuk berdua saat itu, adalah tidak mencapai  Rp. 10.000,-  .
Brown Canyon, Sisi Lain Pemandangan Alam Di Kota Semarang
Suasana di Brown Canyon
Walaupun lokasi ini adalah area pertambangan galian, Brown Canyon banyak menawarkan beberapa keindahan alam didalamnya seperti adanya kolam besar alami yang berasal dari air hujan, sehingga menambah keindahan lokasi ini. Ane dan si kawanpun tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan cara berfoto-foto. 

Sisi Lain Sasana di Brown Canyon
Selama mengunjungi Brown Canyon, banyak para pengunjung yang mengabadikan momen untuk foto session atau Prewedding, koleksi foto di Instagram, foto bareng keluarga, dan lain-lainnya. Namun, sekedar informasi saja bahwa ada hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Brown Canyon yaitu tetap waspada dengan lokasi sekitar seperti tebing-tebing besar yang ada dan juga truk-truk penambang yang melalu-lintas area pertambangan.


Brown Canyon

-SELESAI-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar