Rabu, 15 Februari 2017

Penangkaran Elang Loji, Alternatif Liburan Di Bogor

Penangkaran Elang Loji, Alternatif Liburan Di Bogor

Gunung Salak merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Bogor, dengan memiliki beberapa keindahan alam yang telah dijadikan sebagai daya tarik wisata. Seperti Curug Nangka, Kawah Ratu Gunung Salak, Curug Cigamea, Pemandian Air Panas Ciparay, Bumi Perkemahan Sukamantri dan masih banyak lagi objek wisata yang ada disekitar gunung ini. Namun kali ini terdapat salah satu tempat wisata yang berbeda, dan bisa dijadikan alternatif untuk liburan di Kabupaten Bogor. Tempat wisata tersebut adalah Penangkaran Elang Loji yang ada di Kecamatan Cijeruk.
Secara administrasi Penangkaran Elang Loji berlokasi di Kampung Loji, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Atau tepatnya berada di koordinat 6° 43’ 4.8’’S ; 106° 46’ 6.2’’E (Sumber Google Maps), yang berada di salah satu kaki Gunung Salak.

Penangkaran Elang Loji Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)
Untuk mencapai lokasi Penangkaran Elang Loji, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari arah pusat Kota Bogor. Dan untuk mengetahui persis jalan masuk menuju penangkaran elang ini, jadi saat mulai memasuki Jalan Raya Cijeruk-Cigombong ambillah patokan papan informasi jalan masuk ke Loji.


Jalan Menuju Ke Penangkaran Elang Loji Dari Arah Kota (Via Google Maps)
Sebetulnya papan informasi jalan masuk ke Loji kurang begitu jelas, jadi disarankan lebih baik menggunakan Google Maps atau bertanya ke penduduk setempat selama perjalanan. Selain itu juga, untuk masalah transportasi disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja, seperti sepeda motor.

Jalan Masuk Ke Loji Dilihat Dari Google Street View
Penangkaran Elang Loji dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang sebetulnya penangkaran ini bertugas untuk merehabilitasi hewan elang hasil sitaan dari warga yang tak punya ijin dan penjualan ilegal. Sehingga diharapkan elang yang direhabilitasi ini akan menemukan kembali insting memangsa, saat akan dilepas kealam liar.


Papan Informasi Penangkaran Elang Loji
Apabila kita ingin mengisi waktu dengan liburan ke penangkaran elang ini, ada beberapa daya tarik wisata yang tak boleh untuk dilewat. Sehingga cocok untuk pengunjung yang sengaja ingin mencari suasana alam dengan hijaunya pepohonan. Daya tarik wisata yang ada disini adalah sebagai berikut :

1. Panggung Kayu Dekat Kantor Pengelolaan Penangkaran Elang Loji

Saat kita usai ijin masuk dan membayar tiket masuk yang tidak sampai Rp.10.000,- di Kantor Pengelolaan, maka disebelah kantor tersebut terdapat sebuah panggung yang terbuat dari kayu dan cukup luas. Panggung ini cocok untuk berfoto-foto, sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Gunung Salak ini. Terlebih lagi orang yang terbiasa bermain medsos, sangat cocok sekali berfoto dipanggung ini dengan bergaya ala-ala Instagram.
 
Panggung yang terbuatDari Kayu Di Penangkaran Elang Loji

2. Kandag Elang Pertama

Tidak jauh dari panggung sebelumnya, terdapat suatu kandang elang pertama yang berisi beberapa ekor elang dengan ruangan yang terpisah. Disini kita dapat melihat beberapa elang tersebut, sembari mendengar suara elang yang saling bersautan dengan elang lainnya yang berada di kandang elang ini. Akan tetapi, kita harus tetap waspada dan jangan sampai menempelkan jari ke dalam kandang.

Salah Satu Elang Yang Saling Berpose

Elang Lainnya Yang Sedang Berpose
3. Jembatan Gantung

Usai melihat elang di kandang yang pertama, cobalah untuk menuju kandang kedua dengan melewati jembatan gantung terlebih dahulu. Jembatan gantung ini beralaskan kayu dan memiliki panjang kurang lebih 50m, dengan ketinggian kurang lebih 15m an. Sehingga tidak ada salahnya untuk berfoto-foto sejenak, dengan tidak lupa untuk tetap waspada. Selain berfoto-foto sejenak, cobalah untuk sembari melihat keindahan alam disekitar jembatan ini. Pemandangan yang disuguhkan disekitar jembatan ini cukup indah, dan menyegarkan mata.

Jembatan Gantung Di Sekitar Penangkaran Elang Loji

4. Kandang Elang Kedua

Apabila sudah menyeberangi jembatan gantung dari Kandang Elang Pertama, cobalah untuk langsung menuju kearah kanan jalan yang menuju Kandang Elang Kedua. Di kandang kedua ini, terdapat juga elang yang sepertinya lebih liar dibandingkan dengan yang ada di kandang Pertama. Karena apabila melihat pergerakan elang yang ada di kandang ini sangat aktif dan juga suara yang dikeluarkan cukup lantang. Akan tetapi, kita juga harus tetap waspada dan jangan sampai menempelkan jari ke dalam kandang.

Salah Satu Elang Yang Ada Di Kandang Kedua Penangkaran Elang Loji Bogor

5. Hutan Pinus 

Dekat dengan Kandang Elang Kedua, atau dari arah jembatan lokasinya yang berada disebelah kiri, terdapat Hutan Pinus yang cukup bagus untuk melakukan beberapa kegiatan. Seperti camping atau juga hammock dengan tujuan untuk menikmati alam. Selain itu juga, di Penangkaran Elang Loji ini terdapat beberapa orang yang memasang tenda dan hammock hanya untuk sekedar berfoto ala-ala Instagram.

Hutan Pinus Di Penangkaran Elang Loji

6. Curug Cibadak

Selain kelima daya tarik wisata yang dijelaskan sebelumnya, terdapat satu daya tarik wisata yang menjadi salah satu destinasi wajib selama di Penangkaran Elang Loji. Yaitu Curug Cibadak, yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam an dari arah Jembatan Gantung. Walaupun jaraknya cukup jauh dan jalan yang cukup menantang, akan tetapi keindahan Curug Cibadak ini sangat indah. Dan air jernih yang mengalir di curug ini menjadi sumber mata air yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi, apabila ingin menuju curug ini tetaplah waspada karena jalan yang masih berbatu, dan terdapat lereng yang cukup curam. Serta terdapatnya tebing dengan kemiringan yang sangat rawan dan pernah mengalami bencana longsor.

Curug Cibadak
Curug Cibadak Dilihat Dari Jarak Terdekat


- SEKIAN-

2 komentar:

  1. wah mantap postingannya ya mas..

    bermanfaat buat yang pengen berwisata ke bogor..

    BalasHapus
  2. Makasih ya mbak,

    Kalau jd wisata ke Bogor, semoga menyenangkan ya :)

    BalasHapus