Minggu, 26 Februari 2017

Desa Sembungan, Desa Tertinggi Di Pulau Jawa Yang Wajib Dikunjungi Selama Ke Dieng

Desa Sembungan, Desa Tertinggi Di Pulau Jawa Yang Wajib Dikunjungi Selama Ke Dieng

Dieng,

Hampir banyak orang mengetahui nama Dieng, yang terkenal dengan beberapa wisata alam yang ada di dataran tinggi Pulau Jawa ini. Dan secara lokasi, Dataran Tinggi Dieng ini masuk ke dalam wilayah 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga, daerah yang suhu udaranya bisa mencapai 0°C pada musim kemarau ini, berada diantara Gunung Sumbing & Gunung Sindoro. Jadi tidak heran apabila ingin berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, jaket adalah barang yang sifatnya wajib untuk dibawa.

Namun, dibalik dinginnya Dataran Tinggi Dieng terdapat salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Dan tempat yang ane maksud tersebut adalah Desa Sembungan, yang terkenal dengan julukannya sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa. 

Dari namanya pun cukup membuat penasaran,

Yapp, di desa ini pun terdapat sebuah gapura yang bertuliskan dan menegaskan kalau Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Selain itu juga, kalau berdasarkan informasi yang ane dapat dari beberapa sumber kalau desa ini berada di ketinggian 2.306 Mdpl.

Di Depan Gapura Masuk Ke Desa Sembungan, Desa Tertinggi Di Pulau Jawa
Secara administrasi, desa yang suhu udaranya sangat dingin saat di pagi hari ini masuk kedalam wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Dan apabila ingin mengunjungi desa ini, diperlukan waktu tempuh selama kurang dari 30 menit perjalanan, apabila menggunakan kendaraan bermotor dari arah komplek Candi Arjuna.

Jalan Tempuh Menuju Desa Sembungan, Apabila Datang Dari Arah Komplek Candi Arjuna (Via Google Maps)
Asal dari nama dari Desa Sembungan ini memiliki berbagai macam versi cerita. Dan salah satu yang paling populer menyebutkan bahwa nama desa ini diambil dari penyiar agama Islam pada zaman dahulu. Yaitu Joko Sembung namanya, dan merupakan saudara kandung dari Sunan Kalijaga.

Selain itu juga, di desa ini masih terdapat juga beberapa macam tempat yang patut dan wajib untuk dikunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bukit Sikunir, demi mengejar Sunrise

Kalau dari pengalaman ane beberapa tahun sebelumnya, mengunjungi Desa Sembungan ini memang paling pas di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan demi mengejar keindahan sunrise yang ada di Bukit Sikunir. 

Karena lokasi penginapan ane dekat Komplek Candi Arjuna, maka dimulailah perjalanan pada pukul 4 pagi menggunakan kendaraan bus bersama rombongan lainnya.

Dan setibanya di lokasi, langsunglah ane memulai berjalan kaki menuju Bukit Sikunir yang menanjak-nanjak, dengan menapaki beberapa anak tangga yang sudah disediakan. Dan waktu tempuh yang dilalui saat itu adalah kurang lebih 30 menit lamanya perjalanan.

Saat Sinar Matahari Mulai Tampak, Padahal Belum Sampai Ke Atas Bukit
Saat Perjalanan Pulang Sehabis Melihat Sunrise Di Bukit Sikunir

2. Telaga Cebong & Sekitarnya, lokasi paling pas beristirahat sehabis dari Bukit Sikunir

Telaga Cebong yang ada di Desa Sembungan ini cukuplah luas, dan pemandangannya pun tidak kalah dengan telaga lainnya yang ada di Dieng. Seperti pemandangan sekitar telaga yang berupa bukit-bukit, dan juga pemandangan hijaunya berbagai lahan pertanian milik warga Desa Sembungan.

Sehingga, apabila usai melihat sunrise di Bukit Sikunir, rasanya kurang lengkap saja apabila tidak singgah sebentar di dekat area Telaga Cebong. Selain untuk menikmati keindahan pemandangan alamnya, disini kita akan bisa merasakan suasana yang paling pas dengan cara menikmati Kopi Hitam + Mie Instan . Dijamin Mantab Jiwa.. hehe

Pemandangan Telaga Cebong, Yang Dapat Dilihat Pas Perjalanan Pulang Dari Bukit Sikunir

Sisi Lain Dekat Telaga Cebong, Di Desa Sembungan

3. Warung-warung Penjual Karika, yang ada di sepanjang Jalan Desa Sembungan

Usai menikmati keindahan pemandangan alam di Telaga Cebong, jangan lupa untuk mampi sejenak untuk membeli oleh-oleh khas Dataran Tinggi Dieng yaitu Karika yang berupa pepaya nya Dieng. Karena saat di pagi hari, di sepanjang jalan desa ini terdapat beberapa rumah warga yang menjajakan oleh-oleh karika dengan 2 pilihan. Ada karika yang rasanya manis, dan juga ada karika yang rasanya pedas seperti asinan Bogor.


Jadi, 

Saat berwisata ke Dieng jangan lupa untuk wajib mengunjungi Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa. :)

Pemandangan Di Sisi Lain Desa Sembungan, Saat Perjalanan Pulang

Pemandangan Gapura Desa Sembungan, Saat Perjalanan Pulang


-SEKIAN-




Referensi : 
- https://id.wikipedia.org/wiki/Dieng
- http://travel.tribunnews.com/2016/11/21/desa-sembungan-dieng-inilah-10-fakta-permukiman-tertinggi-di-pulau-jawa-yang-tak-banyak-diketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar