Sabtu, 25 Februari 2017

Embung Nglanggeran, Danau Kecil Diatas Bukit Yang Dihiasi Gunung Api Purba Yogyakarta

Embung Nglanggeran, Danau Kecil Diatas Bukit Yang Dihiasi Gunung Api Purba Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta,

Dari namanya pun memang sangat cocok untuk Yogyakarta, salah satu Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Selain keistimewaan sejarahnya pada masa lampau, segala keindahan alamnya pun mungkin terasa istimewa bagi kita-kita. Tidak heran kalau objek wisata yang ada di Provinsi ini, begitu banyak menghiasi media sosial seperti Instagram & Facebook. Beberapa objek wisata yang mungkin bisa dibilang kekinian adalah yang ada di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Dan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi adalah Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran merupakan penampung air hujan yang dibuat berupa kolam raksasa atau danau kecil atau juga telaga, serta memiliki fungsi untuk mengairi perkebunan dan lahan pertanian warga sekitar, apabila musim kemarau telah tiba.

Secara administrasi, embung yang dibangun pada tahun 2013 ini berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Dan untuk menempuh ke lokasi ini apabila dari Kota Yogyakarta, membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Nah,

Disini ane mau berbagi sedikit pengalaman pas akhir tahun kemaren, seperti apa dan bagaimana suasana keindahan alam di Embung Nglanggeran. 

Untuk menuju ke lokasi, ane dan kawan yang lain mengikuti apa yang ada di Google Maps. Karena saat itu lokasi penginapan di Sleman, maka jalur yang diambil adalah melalui Jalan Raya Solo (bisa lihat di Google Maps). Sehingga lama perjalanan yang ane alami terasa begitu lama, yaitu hampir 1,5 jam lamanya. 


Jalan Menuju Embung Nglanggeran (Via Google Maps)

Saat mulai memasuki Desa Nglanggeran, mulailah terlihat pemandangan Gunung-gunung yang berupa batu purba yang menjulang tinggi dengan dihiasi suasana pedesaan yang masih banyak area persawahannya.

Lokasi persis si Embung Nglanggeran adalah tepat berada diatas bukit diantara beberapa Gunung Api Purba nya. Selain itu juga, jalan masuknya pun cukup mudah untuk mengantarkan kita menuju embung. Hal tersebut dikarenakan semua papan informasi yang ada di sepanjang jalan desa ini sangatlah informatif.

Area Embung Nglanggeran & Sekitarnya, Apabila Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)

Untuk tiket masuk Objek Wisata Embung Nglanggeran cukup terjangkau, alias sangat bersahabat untuk dompet kita. Jadi, sangat cocok bagi para pecinta wisata yang sedang ke Jogja dengan ala-ala Backpacker.

Dan setibanya di area parkiran yang cukup luas, mulailah tampak sebuah bukit dimana Embung Nglanggeran berada. Dan juga terlihat sangat dekat pemandangan Gunung Api Purba yang cukup memanjakan mata. Bagi ane pribadi sih, salah satu keindahan dan keunikan Gunung Api Purba yang cukup tinggi ini adalah terdapatnya beberapa lubang pada bagian sisi yang menyerupai sebuah jendela-jendela rumah.
Pemandangan Gunung Api Purba, Dari Area Parkiran Embung Nglanggeran
Saat mulai menuju embung berada, terlebih dahulu diharuskan melewati anak tangga yang akan mengantarkan kita ke tempat Embung Nglanggeran. Yahh gak begitu jauh jaraknya, hanya membutuhkan 5 menit saja dan Insyaallah gak akan kecape'an hehe.

Sisi Lain Pemandangan Gunung Api Purba, Dari Arah Anak Tangga Menuju Embung Nglanggeran

Usai melewati anak tangga, mulailah tampak sebuah embung yang  begitu menawan dengan pemandangan alamnya. Pada bagian utara embung ini, pemandangan alamnya berupa beberapa gunung api purba secara keseluruhan, dan pemandangan alam dari bagian sisi selatan embung ini adalah berupa bukit-bukit yang ada jauh di selatan Yogyakarta. 

Salah Satu Sisi Bagian Selatan Di Embung Nglanggeran, Dengan Pemandangan Beberapa Bukit Dari Kejauhan Yang Ada Di Selatan Yogyakarta
Salah Satu Sisi Bagian Utara Di Embung Nglanggeran, Dengan Pemandangan Beberapa Gunung Api Purba
Selain itu juga, warna air embungnya pun sedikit tampak seperti hijau toska, dan cukup menyejukkan mata. Sehingga sangat disayangkan saja apabila tidak mengabadikan momen selama di Embung Nglanggeran dengan cara berfoto-foto dan langsung upload ke Media Sosial hehe.

Untuk masalah fasilitasnya, disekitar embung ini terdapat beberapa gazebo yang cukup bagus, dan sangat cocok bagi kita yang ingin beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan alam di sekitar embung. 

Namun, akan terasa lengkap saja apabila menikmati pemandangan alam sembari ngopi hitam + menyantap mie instan dalam cup yang dijajakan oleh beberapa warung dekat embung ini. Insyaallah akan terasa mantab jiwa, hehe.

Mengabadikan Momen Selama di Embung Nglanggeran Dengan Cara Berfoto-foto
Jadi, saat mengunjungi Yogyakarta janganlah lupa untuk mampir sebentar ke Kawasan Gunung Api Purba, terutama Objek Wisata Embung Nglanggeran.

-SEKIAN-



Masih ada beberapa objek wisata lainnya yang ada di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran selain Embung ini, salah satunya adalah Air Terjun Kedung kandang. Jika penasaran, monggo kalau niat bisa dibaca bentar lewat link dibawah ini :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar