Senin, 06 Februari 2017

Kebun Raya Bogor, Lokasi Paling Pas Untuk Lari Pagi

Kebun Raya Bogor, Lokasi Paling Pas Untuk Lari Pagi

Lari pagi merupakan salah satu olah raga yang sudah lama menjadi favorit oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja bahkan sampai orang tua pun banyak yang menggemari olah raga ini. Biasanya dibeberapa daerah aktivitas lari pagi banyak dilakukan saat libur akhir pekan, seperti hari minggu tepat diadakannya CFD atau Car Free Day. Untuk di Kota Bogor sendiri, terdapat salah satu tempat yang paling pas untuk lari pagi selain di Car Free Day Jalan Sudirman. Tempat yang dimaksud ane adalah Kebun Raya Bogor dan sekitarnya. Mulai dari sepanjang pedestrian lingkar luar, sampai yang ada di dalam area Kebun Raya Bogor.

Jalur Lari Pagi Pas Seputaran Kebun Raya
Dari pengalaman ane saat melakukan aktivitas lari pagi diakhir pekan, Kebun Raya Bogor  dan sekitarnya merupakan lokasi yang paling asik trek nya. Ditambah juga dengan udara yang masih sangat menyegarkan saat dipagi hari. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pepohonan yang tumbuh di Kebun Raya Bogor dan sekitarnya.
 
Kijang di Sekitar Istana Bogor, Yang Masih Dalam Kawasan Kebun Raya
Apabila ada yang ingin mencobanya, mulailah di jalur pedestrian yang ada di sepanjang jalan Ir. Juanda. Dari sekitar pedestrian ini, mulailah untuk coba lari pagi menuju kearah Balai Kota Bogor. Selain jalur trotoar yang sudah sangat nyaman, disini kita bisa melihat salah satu pemandangan yang paling bagus. Yaitu kawanan hewan kijang yang sedang asik mencari makan dipagi hari, mirip dengan yang ada di Savana Bekol Baluran. 

Pedestrian Lingkar Luar Kebun Raya, Tepat Di Sebrang Pangrango Plaza
Usai melewati Balai Kota, cobalah untuk melanjutkan trek lari di sepanjang pedestrian ini menuju ke arah Kawasan Lapangan Sempur, sampai menuju kawasan Tugu Kujang Bogor. Untuk masalah kenyamanan lari pagi di sepanjang pedestrian ini, jangan diragukan lagi alias sangatlah nyaman. Hal tersebut dikarenakan, area pedestrian di sepanjang lingkar Kebun Raya Bogor ini sudah sangat rapih dan juga cantik.

Sekitar Tugu Kujang & Lawang Salapan Kota Bogor
Tiba di Kawasan Tugu Kujang dan Lawang Salapan Bogor, lanjutkanlah olah raga paginya menuju pintu utama Kebun Raya Bogor. Pintu utama ini berada disebelah selatan kebun raya, atau lebih tepatnya berada di sebrang Lawang Surya Kencana. Loket penjualan tiket masuk kawasan kebun raya ini, baru dibuka pada pukul 7:30 WIB. Dan harga tiket masuk yang dijual adalah sebesar Rp.14000,- .

Jalan Yang Pas Untuk Lari Pagi Di Kebun Raya Bogor
Di dalam area kebun raya ini, cobalah untuk melanjutkan kembali olah raga lari menyusuri beberapa jalan yang ada di dalamnya. Mulai dari jalan kecil berbatu yang ada didalam rimbunan pepohonan, sampai jalan beraspal dengan pepohonan besar disisinya. Namun, ane lebih menyarankan untuk lari pagi mengikuti jalan yang beraspal saja.

Selain udara segar yang akan kita dapatkan selama lari pagi di Kebun Raya, kita juga akan melewati beberapa tempat yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Mulai dari mengenal berbagai macam jenis tanaman, bangunan bersejarah, tugu bersejarah, bahkan sampai makam bersejarah.

Jembatan Merah Di Dalam Kebun Raya Bogor
Usai lari pagi menyusuri jalan yang ada di dalam area Kebun Raya Bogor, cobalah untuk menghilangkan rasa lelah dengan cara beristirahat sejenak dibeberapa taman kecil yang ada.

Salah Satu Taman Kecil Yang Ada Di Kebun Raya
Selain dapat beristirahat dibeberapa taman kecil yang ada, kita juga dapat beristirahat di tepi danau kecil, sembari melihat keindahan bunga teratai yang menghiasi pemandangan Istana Bogor.

Di Tepi Danau Kecil Kebun Raya Bogor
Masih Di Tepi Danau Kecil Kebun Raya Bogor

Pemandangan Istana Bogor, Saat Beristirahat Di Tepi Danau



- SEKIAN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar