Minggu, 19 Februari 2017

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pantai Dengan Keragaman Tempat Ibadah

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pantai Dengan Keragaman Tempat Ibadah

Keindahan alam yang ada di Gunung Kidul memang tidak pernah ada habis-habisnya, mulai dari pegunungan purbanya sampai pantai-pantai yang ada di selatan provinsi Yogyakarta ini. Salah satu tujuan wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang paling berbeda dengan pantai lain yang ada di Yogyakarta adalah Pantai Ngobaran. Hal tersebut dikarenakan keindahan alam yang ada di pantai ini dilengkapi dengan berdirinya tempat ibadah dari beberapa keyakinan. Dan juga bernuansakan seperti sedang ada di Provinsi Bali.
Secara administrasi, Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Atau kalau dari Pantai Indrayanti, terletak disebelah barat dan mebutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Jalan Menuju Pantai Ngobaran, Jika Dari Arah Pantai Indrayanti (Via Google Maps)
Sekitaran Pantai Ngobaran yang ada di Desa Kanigoro ini berupa tebing-tebing khas pantai selatan yang curam dan juga pemandangan laut yang langsung mengahadap Samudera Hindia. Selain tu, tepat didekat tebing pantai ini terdapat beberapa tempat ibadah dari beberapa keyakinan seperti Hindu, Islam, Kejawen dan Kejawan (Beda dengan Kejawen).

Pantai Ngobaran Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)
Saat memasuki pantai ini, kita akan melihat sebuah area tempat ibadah seperti pura dengan beberapa patung dewa berwarna putih. Tempat ini merupakan tempat ibadah untuk penganut kepercayaan Kejawan, yang merupakan sebuah kepercayaan yang namanya diambil dari nama Bondhan Kejawan yang merupakan salah satu putra dari Brawijaya V. Walaupun nama dari kepercayaan ini terlintas mirip, akan tetapi kepercayaan Kejawan berbeda dengan Kejawen.


Di Salah Satu Tempat Ibadah Yang Ada di Pantai Ngobaran, Dengan Beberapa Patung Dewa
Salah Satu Patung Dewa Yang Ada Di Tempat Ibadah di Pantai Ngobaran
Selain itu juga, disisi lain terdapat bangunan seperti adat jawa atau juga Joglo yang digunakan untuk ibadah penganut Kepercayaan Kejawen. Kemudian Pura yang bernuansakan Bali, digunakan untuk ibadah Agama Hindu. Dan yang terakhir tidak jauh dari Pura, terdapat mushola sederhana yang digunakan untuk ibadah Agama Islam. 

Keunikan dari mushola yang ada di pantai ini adalah lantai yang berpasir, dan posisi yang langsung menghadap ke Laut atau Selatan. Padahal umumnya mushola atau mesjid itu langsung menghadap ke Barat. Akan tetapi jika ingin sholat di mushola ini, tetaplah mengarahkan posisi sholat kearah Kiblat ya :) .

Hal terpenting saat mengunjungi Pantai Ngobaran adalah tetap menjaga kesopanan kita, dan juga tidak mengganggu apabila ada orang yang sedang melakukan ibadah keagamaan di beberapa tempat ibadah ini.
Di Salah Satu Tempat Ibadah Yang Terdapat Beberapa Stupa & Patung Garuda Wisnu Kencana
Umumnya memang Pantai Indayanti lebih terkenal, dan menjadi tujuan utama wisatawan saat liburan ke pantai yang ada di Gunung Kidul. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau kita mampir sekalian ke Pantai Ngobaran, dengan nuansa paling berbeda dengan pantai lainnya.



-SEKIAN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar