Selasa, 07 Februari 2017

Sejenak Di Pantai Timang Yogyakarta

Sejenak Di Pantai Timang Yogyakarta

Semakin banyak pengguna media sosial yang mengabadikan momen-momen liburan disuatu tempat, maka semakin besar pula peluang objek wisata yang tadinya kurang begitu terkenal menjadi lebih terkenal. Salah satu objek wisata yang kini banyak menghiasi media sosial seperti Instagram adalah Pantai Timang Yogyakarta.
Terkenalnya Pantai Timang adalah terdapatnya Gondola yang dapat mengantarkan kita untuk menyebrangi pulau karang yang bernama Pulau Timang. Sehingga salah satu alasan mengapa banyaknya traveller yang ingin ke pantai ini adalah, untuk menguji nyali kita apakah berani atau tidak menaiki gondola untuk menyebrang ke Pulau Timang yang ombaknya cukup ganas.
Lokasi Pantai Timang berada disebelah ujung tenggara Yogyakarta. Atau lebih tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dan untuk mencapai pantai ini, diperlukan waktu kurang lebih 2,5 jam menggunakan kendaraan bernotor dari arah pusat Kota Yogya. Hal tersebut dikarenakan jarak tempuh yang lumayan jauh, yaitu hampir 73 Km. 

Di Sekitar Jalan Baron, Saat Perjalanan Menuju Pantai Timang.
Walaupun saat ini Pantai Timang sudah mulai banyak dikenal oleh banyak orang, ternyata petunjuk jalan untuk mencapai pantai ini sangat minim informasinya. Padahal pantai ini masih satu jalur dengan jalan menuju Pantai Siung yang sudah lama terkenal, yaitu Jalan Pantai Selatan Jawa. Sehingga, menurut ane apabila ada yang ingin mencoba ke pantai ini dari pusat kota Yogya, gunakanlah bantuan google maps. Nanti kita akan diarahkan menuju Jalan Raya Yogya Wonosari terlebih dahulu, kemudian menuju Jalan Baron sampai menuju Jalan Pantai Selatan Jawa.

Dari pengalaman ane pas akhir tahun lalu, ada hal yang paling penting saat melakukan pencarian di google maps. Yaitu buatlah 2 petunjuk arah terlebih dahulu diantaranya sebagai berikut:

 1. Buatlah petunjuk arah Yogyakarta ke Pasar Dakbong Tepus, kemudian

2. Lanjutkan petunjuk arah dari Pasar Dakbong Tepus ke Pantai Timang

Contohnya adalah seperti yang ada digambar bawah ini :
Jalan Menuju Pantai Timang Dari Pusat Kota Yogyakarta

Dari kedua petunjuk arah tersebut, yang paling penting adalah melewati Pasar Dakbong  terlebih dahulu, saat kita sudah memasuki daerah Tepus. Dan setelah melewati Pasar Dakbong tersebut, maka kita akan menemui jalan masuk ke Kawasan Pantai Timang yang berada disebelah kanan Jalan Raya Pantai Selatan Jawa.

Jalan Masuk Menuju Kawasan Pantai Timang Setelah Pasar Dakbong

Setelah belok kanan memasuki jalan kawasan Pantai Timang, kurang lebih 1,5 Km kita akan menemui pos ojek untuk menuju Pantai Timang yang jaraknya masih 3 Km lagi. Sebetulnya tanpa jasa ojek pun kita bisa, namun sangat tidak disarankan karena medan yang sulit serta kondisi jalan yang belum beraspal dan masih bebatuan. Sehingga, menurut ane lebih baik titipkan motor di pos terlebih dahulu kemudian gunakanlah jasa ojek. Untuk masalah biaya jasa ojek, kita hanya cukup membayar Rp.30.000,-/bolak balik, dan mereka bersedia untuk menunggu kita selama di Pantai Timang.

Sekitar Pos Ojek Menuju Pantai Timang

Jalan Menuju Pantai Timang Dari Arah Pos Ojek
Pantai Dengan Pasir Putih Yang Berada Di Sebelah Timur

Setelah tiba persis di Pantai Timang, kita akan melihat pantai pasir putih yang berada disebelah timur. Dan juga di sebelah barat terdapat pantai yang berupa tebing karang, dimana gondola untuk menyebrang ke Pulau Timang ini berada. Namun, ada hal yang penting lagi berdasarkan pengalaman ane sebelumnya. Yaitu datanglah pada waktu yang tepat, jika betul-betul ingin dapat mencoba naik gondola. Karena apabila sudah memasuki jam 17:00 WIB, penjaga pantai disini tidak akan melayani jasa naik gondola.

Gondola Pantai Timang
Walaupun saat itu ane sudah datang jauh-jauh naik motor dari daerah Nglanggeran sekitar jam 15:00 WIB, tapi tetap saja si penjaga pantai tidak melayani jasa naik gondola. Jadinya Yasudahlah....

Dari hal tersebut, maka apabila ada yang ingin ke Pantai Timang, usahakanlah jangan datang pas sore hari. Dan apabila kita berangkat dari pusat Kota Yogya, berangkatlah pada pagi hari atau sebelum siang hari. Selain jarak yang lumayan jauh, kondisi sepanjang Jalan Raya Pantai Selatan Jawa ini lumayan sepi dan juga minim penerangan apabila sudah menjelang senja.

Di Depan Gondola Pantai Timang

Sebagai informasi saja, bahwa tarif dikenakan agar dapat menaiki gondola ini adalah sebesar sebesar Rp.150.000,-/bolak balik. Selain itu juga, bahan dasar gondola yang ada disini terbuat dari kayu, ditambah dengan beberapa tali yang kuat untuk menarik gondola saat akan menyebrang ke pulau. Dan hal yang perlu kita tahu juga, sebetulnya fungsi utama gondola yang ada disini bukanlah untuk mengantarkan para pengunjung wisata yang akan menyebrang. Akan tetapi untuk mengantarkan warga sekitar untuk mencari Lobster yang ada di Pulau Timang.

Pantai Timang Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)
Selain menawarkan Jasa Naik Gondola untuk menyebrang ke Pulau Timang, di pantai ini terdapat juga sebuah panggung kecil yang terbuat dari kayu dan menempel persis dipinggir tebing karang. Panggung ini berfungsi untuk berfoto-foto saja, dengan pemandangan Laut Lepas yang menghadap langsung Samudera Hindia. Namun, kita harus tetap waspada apabila takut pada ketinggian. Karena diatas panggung kecil ini, kita akan bisa melihat langsung kebawah tebing yang curam. Walaupun hanya sekedar panggung kecil, kita akan tetap dikenakan tarif sebesar Rp.5000,- saja.
Diatas Panggung Kecil Pantai Timang

Sisi Lain Pemandangan Pantai Timang
Walaupun sebetulnya sunset di Pantai Timang ini cukup bagus, namun lebih disarankan jangan sampai kondisi langit keburu gelap. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya penerangan saat akan pulang kembali ke Pos Ojek. Begitu juga saat pulang kembali ke Kota Yogyakarta, di sepanjang Jalan Raya Pantai Selatan Jawa ini penerangannya sangat minim dan juga sepi.

Saat Menjelang Senja Di Pantai Timang

Sisi Lain Saat Menjelang Senja Di Pantai Timang

Akhir Perjalanan dan Membayar Jasa Ojek


-SEKIAN-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar