Sabtu, 24 Juni 2017

Snorkeling Air Tawar Khas Klaten Jawa Tengah

Snorkeling Air Tawar Khas Klaten Jawa Tengah
Klaten adalah salah satu nama kabupaten yang lokasinya berada diantara Provinsi Yogyakarta dan Karasidenan Solo. Dan kalau kita mencari tau tentang wisata apa saja yang ada di Klaten melalui mesin pencari seperti google, maka akan banyak muncul berbagai macam wisata umbul. Dalam bahasa jawa, kata umbul memiliki arti yaitu mata air.

Nah, maka tidak heran kalau di Klaten ini memiliki banyak wisata yang memanfaatkan beberapa sumber mata air. Seperti Umbul Ponggok, Umbul Cokro, Umbul Manten, Umbul Nilo, dan masih banyak lagi.
Salah satu umbul yang pernah ane datengin pas bulan Mei 2017 adalah Umbul Ponggok, yang lokasinya berada di Jalan Delanggu-Polanharjo. Atau lebih tepatnya lokasi umbul ini berada di koordinat 7°36'49.5"S, 110°38'09.2"E (Sumber Google Maps).

Rute Menuju Umbul Ponggok Dari Alun-alun Boyolali
Waktu tempuh yang ane habiskan dari Alun-alun Boyolali menuju umbul ini adalah tidak sampai setengah jam lamanya. Dan untuk rutenya sendiri, ane menggunakan bantuan GPS melalui aplikasi Google Maps. hehe

Pintu Masuk Area Umbul Ponggok (Dilihat Dari Google Street View)
Salah satu alasan kenapa ane memilih mengunjungi Umbul Ponggok, dibanding umbul lainnya seperti Umbul Manten adalah karena sensasi yang berbeda untuk ber snorkeling di air tawar dengan melihat-lihat berbagai macam air tawar di dalamnya. Karena pada umumnya orang-orang pada ber snorkeling di laut, dan khusus di Klaten ini kalau orang ingin ber snorkeling ya di air tawar. hehe

Di Kolam Umbul Ponggok (Dok. 2016)
Untuk harga tiket masuk area Umbul Ponggok adalah sebesar Rp.15000,-/orang. Namun itu belum termasuk sewa alat-alat yang diperlukan untuk snorkeling, seperti snorkel dan rompi plampung (biar gak kelelep alias karam) haha. 

Selain itu juga, tujuan ane yang paling utama saat ke Umbul Ponggok adalah untuk mencoba berfoto-foto didalam air. hehehe

Di Dalam Kolam Umbul Ponggok
Dan saat itu juga, ane menggunakan jasa "Delata Photograph" yang mematok harga memotret menggunakan Action Cam selama 1/2 jam (30 menit) adalah sebesar Rp.60000,-. Untu harga segitu, sudah termasuk jasa pemotret, dan juga hasil softcopy beberapa foto.

Masih Di Dalam Kolam Umbul Ponggok
Masih Di Dalam Kolam Umbul Ponggok
Karena ane berenangnya kurang lancar, maka spot untuk berfoto ya diantara besi yang menyerupai kandang hehe. Jadi, bagi yang gak bisa berenang jangan khawatir kelelep atau karam saat berfoto-foto di dalam air. Karena disini kita tetap dipandu, dan juga tetap diawasi oleh salah satu orang dari "Delata Photograph".

Masih Di Dalam Kolam Umbul Ponggok
Masih Di Dalam Kolam Umbul Ponggok
Masih Di Dalam Kolam Umbul Ponggok



-SEKIAN-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar